Hiu Paus di Bone Bolango, Jangan Pergi Lagi

Hiu Paus di Bone Bolango, Jangan Pergi Lagi

Foto untuk : Hiu Paus di Bone Bolango, Jangan Pergi Lagi

Setelah ditutup selama kurang lebih satu minggu, objek wisata hiu paus yang berada di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, kembali dibuka untuk umum mulai Minggu, 8 Juli 2018.

Penutupan wisata hiu paus beberapa waktu lalu ini karena menjaga agar hiu paus itu tidak pergi lagi, tetapi setelah dilihat perkembangannya hiu paus mulai betah kembali dan akhirnya pihak pengelola membuka kembali wisata hiu paus yang memiliki nama ilmiah Rhincodon typus.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengatakan perlunya menerapkan peraturan berinteraksi dengan hiu bagi pengunjung. "Sengaja pemerintah tutup dulu kawasan ini untuk menata sekaligus mengatur. Sekarang peraturannya ketat, tidak bisa menyentuh hiu paus dan buang sampah," katanya kepada Liputan6.com

Ia mengatakan, kemunculan kawanan hiu paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila, Bone menjadi anugerah bagi warga dan nelayan setempat, karena mendatangkan keuntungan bagi wisata lokal.

Sejumlah peraturan yang mulai diterapkan pada kawasan wisata hiu paus, di antaranya jumlah perahu harus dibatasi dan telah berizin resmi pengelola.

Bahkan, kecepatan kapal ketika mendekati kelompok hiu paus harus disesuaikan, yakni 10 knot jarak 1 mil dan 2 knot jarak 50 meter. Begitu juga dengan jumlah wisatawan yang melakukan penyelaman dibatasi dalam sekali turun, yakni enam orang dengan satu pemandu. (...)

Sambutan